Elgeon, Putera Yanaf and Radna, Ningsih (2022) Analisis Sistem Penerimaan Barang Return Menggunakan Metode Total Quality Management Pada Gudang Herbalife PT Agility Internasional. Politeknik ATI Padang.
![[thumbnail of Cover Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover_1930016.pdf
Download (763kB)
![[thumbnail of Full Text Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text_1930016.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
ELGEON PUTERA YANAF 1930016. Manajemen Logistik Industri Agro. Analisis system penerimaan barang return menggunakan metode Total Quality Management pada Gudang Herbalife PT Agility Internasional Bekasi. Dosen Pembimbing: Hj Radna Ningsih, SE, MM. 2022
PT Agility Internasional merupakan perusahaan yang bergerak dibidang warehouse selalu menerima returnbarang dari pembeli dengan berbagai macam permasalahan yang terjadi. Terdapat beberapa kendala saat penanganan barang return di Gudang yaitu barang yang diterima tidak sesuai jumlah, salah warna dan salah barang. Hal ini memunculkan permasalahan stok persediaan di Gudang Herbalife. Barang Return adalah kegiatan upaya pengembalian barang yang dilakukan oleh pihak pembeli kepada pihak pemasok. Pada perusahaan jasa yang bergerak dibidamg logistik kepuasan pelanggan terhadap barang yang dijual merupakan hal yang utama. Kegiatan dan aktivitas di dalam Gudang dilakukan sebaik mungkin agar tidak terjadi barang rusak, salah kirim barang dll. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak selisih barang yang terjadi membuat prosesselanjutnya barang return menjadi terhambat, serta memberikan usulan perbaikan untuk meminimalisir tingkat selisih barang return sehingga tidak ada proses yang terhambat di setiap barang return yang diterima pada PT Agility Internasional. Metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah metode Total Quality Management yang terdiri atas Diagram pareto,Check sheet,dan Diagram Fishbone. Berdasarkan Diagram Pareto selisih saat Pengiriman yang paling banyak adalah kesalahan saat perhitungan barang. Faktor penyebab selisih saat penerimaan barang berdasarkan Diagram Fishbone adalah faktor Manusia,Metode, Material, dan Lingkungan. Upaya yang yang dilakukan untuk memaksimalkan saat proses penerimaan barang return adalah pengawasan terhadap setiap penerimaan dan perhitungan barang return oleh supervisor guna menghindari kesalahan saat perhitungan serta proses kerja bisa dilakukan dengan lebih baik.
Kata Kunci : Barang return, Pengendalian Kualitas, kesalahan dalam Pengiriman Barang.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Industri Agro > Management Logistic Industri Agro |
Divisions: | Manajemen Logistik Industri Agro |
Depositing User: | MLIA |
Date Deposited: | 13 Sep 2025 05:05 |
Last Modified: | 13 Sep 2025 05:05 |
URI: | https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/941 |