Analisis Barang Return Saat Proses Pengiriman Barang Pada PT. APM Logistics Menggunakan Metode Statistical Proses Control (SPC)

VADILA, RAHAYU FEBRILINA and Ester, Edwar (2022) Analisis Barang Return Saat Proses Pengiriman Barang Pada PT. APM Logistics Menggunakan Metode Statistical Proses Control (SPC). Politeknik ATI Padang.

[thumbnail of Cover Laporan KKP] Text (Cover Laporan KKP)
cover_1930159.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Full Text Laporan kkp] Text (Full Text Laporan kkp)
full text_1930159.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

VADILA RAHAYU FEBRILINA. 1930159. Manajemen Logistik Industri Agro. Analisis Barang Return Saat Proses Pengiriman Barang Pada PT. APM Logistics Menggunakan Metode Statistical Proses Control (SPC). Dosen Pembimbing Dr. Ester Edwar, M.Pd. 2022.
PT Akbar Putra Mandiri Logistics adalah suatu perusahaan yang melayani masyarakat dalam jasa pengiriman paket, dokumen, pindahan, dan jasa pergudangan di wilayah domestik kota Padang. Hingga kini cabang APM Logistics, telah tersebar dan beroperasi di berbagai kota besar di Indonesia, seperti kota Pekanbaru, Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan lain lain. PT Akbar Putra Mandiri sendiri menyediakan jasa pengiriman melalui jalur udara, darat, dan laut. Pengambilan Tugas Akhir ini dilatar belakangi karena terjadinya barang return saat pengiriman barang yang dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu alamat yang tidak jelas dan tidak lengkap serta adanya barang rusak yang tidak memenuhi standar pengiriman perusahaan. Pembahasan masalah pada laporan ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan solusi dari permsalahan barang return saat pengiriman paket menggunakan metode Statistical Proses Contro (SPC)l. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka jenis data yang diperlukan adalah data kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk informasi baik lisan maupun tulisan, dan data kuantitatif yang mana data dalam angka-angka yang dapat dihitung. Hasil dari pembahasan ini yaitu didapatkan sebanyak 751 resi dokumen dan barang yang di return dalam kurun waktu 6 bulan. Dan penyebab-penyebab barang return yang sering terjadi saat proses pengiriman barang yaitu disebabkan oleh manusia, material, metode dan lingkungan. Dan disarankan untuk perusahaan lebih memperketat pengawasan kepada karyawan saat melakukan pekerjaan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang menyebabkan barang return saat pengiriman barang.

Kata Kunci : Barang Return, Statistical Proses Control (SPC).

Item Type: Other
Subjects: Industri Agro > Management Logistic Industri Agro
Divisions: Manajemen Logistik Industri Agro
Depositing User: MLIA
Date Deposited: 13 Sep 2025 04:47
Last Modified: 13 Sep 2025 04:47
URI: https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item
View Item