Saputra, Yogi and Sardani, S.S., M.Hum, Rizaldi (2023) PENYEBAB KERUSAKAN BARANG MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PT. J&T EXPRESS PADANG. Politeknik ATI Padang.
![[thumbnail of Cover Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover_1930161.pdf
Download (282kB)
![[thumbnail of Full text Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full text_1930161.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Yogi Saputra. 1930161. Manajemen Logistik Industri Agro. “Analisis Penyebab Kerusakan Barang Menggunakan Metode Six Sigma Pada PT. J&T Express”. Rizaldi Sardani, SS.M. Hum. 2022.Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dilatar belakangi dan terfokus pada kegiatan kuliah kerja praktek (KKP) yang penulis lakukan selama delapan bulan pada PT. J&T Express Padang yang beralamat Jl. Kasang Kec, Batang Anai Kab. Padang Pariaman. Selama pelaksanaan kuliah kerja praktik (KKP) penulis ditempatkan di delapan kompetensi seperti organisasi perusahaan, kesehatan dan keselamatan kerja, Purchasing, warehouse dan material handling, Quality Management, Distribusi dan transportasi, packaging, Ekspor Impor dan demand planning. Beberapa kegiatan yang penulis lakukan pada saat KKP yaitu mengetahui macam K3 pada perusahaan, Demand Planningdan Suppy Chain, Warehouse dan Material Handling dan Packaging. Pada laporan kuliah kerja praktek (KKP) ini penulis melakukan pengambilan judul tugas akhir yang dilatar belakangi atas permasalahan penyebab kerusakan barang pada PT. J&T Express Padang dimana penyebab dari masalah tersebut yaitu barang basah, robek, bocor, berlobang . Usulan perbaikan ini dilakukan berdasarkan atas permasalahan yang dilihat dari bulan Oktober 2021 sampai Februari 2022. Oleh sebab itu perlu diadakan usulan perbaikan untukmeminimalisir terjadinya kerusakan barang. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu Six Sigma – DMAIC. Dengan menggunakan metode tersebut maka perusahaan dapat mengetahui faktor permasalahan apa yang sering terjadi yang mengakibatkan barang rusak supaya tidak berefek pada kesetiaan pelanggan dalam menggunakan jasa kirim pada PT. J&T Express Padang.
KATA KUNCI : Six Sigma – DMAIC, DPMO
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Industri Agro > Management Logistic Industri Agro |
Divisions: | Manajemen Logistik Industri Agro |
Depositing User: | MLIA |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:44 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:44 |
URI: | https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1523 |