triber satria, Fernando and Musdirwan, Musdirwan (2023) Analisis k3 pada pt pelabuhan Indonesia II teluk bayur Padang dengan menggunakan metode diagram pareto dan fisbhone diagram. Politeknik ATI Padang.
![[thumbnail of Cover Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover_1930033.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of Full text Laporan kkp]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full text_ 1930033.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dan dibatasi fokus membahas setiap permasalahan pada kegiatan KKP yang penulis lakukan selama delapan bulan di PT. Pelabuhan Indonesia II Teluk Bayur Padang. PT. Pelabuhan Indonesia II Teluk Bayur Padang adalah badan usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa kepelabuhan, Dan juga sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan jasa untuk memuaskan pelanggan atau konsumen, PT.Pelindo II Cabang Teluk Bayur merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa gudang, bongkar muat, jasa transportasi darat, dan terutama menggunakan transportasi laut. Dan juga sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan jasa untuk memuaskan pelanggan atau konsumen sesuai visi dan misi perusahaan. Berdasarkan studi kasus ditemukan permasalahan terkait dengan K3 di perusahaan dimana belum adanya penerapan prosedur K3 yang baik pada perusahaan sehingga dalam bekerja karyawan tidak menggunakan APD yang lengkap dan menimbulkan beberapa bahaya yang terjadi saat bekerja. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode diagram pareto dan fishbone diagram. Diagram Pareto merupakan diagram batang yang mengurutkan jenis cacat yang terjadi dari terbesar ke yang terkecil (frekuensi tertinggi hingga terendah), sedangkan fishbone diagram adalah alat formal yang sering digunakan untuk mengetahui berbagai penyebab potensial dari suatu permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk sebagai informasi bagi perusahaan agar perusahaan mengetahui penyebab dari bahaya yang terjadi di perusahaan, kemudian hasil dari penelitian ini adalah ditemukanlah kecelakaan yang paling banyak terjadi adalah terkena kontainer dimana jumlah kecelakaan yang terjadi dalam tahun 2016-2021 yaitu 10 kecelakaan kerja, dalam penelitian tersebut diketahui bagaimana cara mengatasi dan meminimalisir kecelakaan yang terjadi di tempat kerja
kata kunci: K3, diagaram pareto, fishbone diagram, terkena kontainer.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Industri Agro > Management Logistic Industri Agro |
Divisions: | Manajemen Logistik Industri Agro |
Depositing User: | MLIA |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:11 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:11 |
URI: | https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1484 |