ALDISYAH, SCORPION and Musdirwan, Musdirwan (2022) Analisis keterlambatan paket kilat khusus pada PT Pos Indonesia menggunakan metode Six Sigma. Politeknik ATI Padang.
![[thumbnail of Cover Laporan kkp]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover_1930143.pdf
Download (908kB)
![[thumbnail of Full text laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full text_1930143.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ALDISYAH SCORPION, 1930043. Manajemen Logistik Industri Agro. “Analisis Keterlambatan Pengiriman Paket Kilat Khusus Pada PT Pos Indonesia dengan Menggunakan Metode Six Sigma” Dosen Pembimbing Musdirwan, M.si. 2022.
PT. Pos Indonesia Pariaman merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Berlokasi jalan tugu perjuangan 45 No 2, kampung jawa 1, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Dalam Laporan kuliah kerja praktek (KKP) Penulis membahas masalah 8 Kompetensi. Pada PT. Pos Indonesia Indonesia Pariaman batasan masalah yang terpenuhi yaitu 8 kompetensi diantaranya: Pengenalan Organisasi Perusahaan, Supply Chan, Purchasing and Recaiving, Demand Planning and Supply Planning, Iventory, Warehouse, Material Handling, Distribusi dan Transportasi . Adapun permasalahan yang di dapatkan adalah permasalahan mengenai keterlambatan pengiriaman paket kepada penerima. Pengendalian kualitas merupakan suatu aktivitas untuk menjaga dan mengarahkan agar kualitas suatu produk dan jasa perusahaan dapat dipertahanakan sebagaimana yang telah direncanakan. Untuk menjaga suatu layanan pengiriman, maka diperlukan pengendalian kualitas. Dalam proses pengiriman paket PT Pos Indonesia (Pariaman) ke pelanggan masih dijumpai kiriman paket yang terlambat diantarkan oleh kurir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Sigma dan faktor penyebab keterlambatan pengiriman ke pelanggan. Data diperoleh melalui wawancara kepada pihak perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Six Sigma dengan tahapan define, measure, analyze, improve, dan control. Berdasarkan perhitungan menggunakan metode six sigma didapatkan nilai DPMO sebesar 624282 dengan nilai rata-rata sigma 1.86. Disimpulkan bahwa satiap sejuta kesempatan akan terdapat 624282 ketidaksesuaian dan level sigma 1.86. masih diperlukan perbaikan untuk mengurangai kiriman yang terlambat dikirim.
Kata Kunci: Manajemen, six sigma-DMAIC, DPMO
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Industri Agro > Management Logistic Industri Agro |
Divisions: | Manajemen Logistik Industri Agro |
Depositing User: | MLIA |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:11 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:11 |
URI: | https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1337 |