Analisis pengendalian Kualitas Barang Return Pada PT J&T Express Padang

Jostin, Saputra and Musdirwan, Musdirwan (2022) Analisis pengendalian Kualitas Barang Return Pada PT J&T Express Padang. Politeknik ATI Padang.

[thumbnail of Cover Laporan KKP] Text (Cover Laporan KKP)
cover_1930160.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text Laporan KKP] Text (Full text Laporan KKP)
full text_1930160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Jostin Saputra. 1930160. Manajemen Logistik Industri Agro. Analisis Pengendalian Kualitas Barang Return Pada PT. J&T Express Padang. Pembimbing Musdirwan, SE,M. Si

Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dilatar belakangi dan dibatasi terfokus pada kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang penulis lakukan selama delapan bulan pada PT J&T Express Padang yang beralamat di Kasang, Kec. Batang anai, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Selama pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek (KKP) penulis ditempatkan ditujuh kompetensi seperti organisasi perusahaan, Kesehatan dan keselamatan kerja, purchasing dan receiving, demand planning, warehouse dan material handling, teknologi informasi logistik, packing, distribusi dan transportasi. Politeknik ATI Padang merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi Diploma 3 yang memiliki sebuah program dual system atau dua semester di industri yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa nya lebih lama berada di industri, salah satunya yaitu jurusan Manajemen Logistik Industri Agro. PT. J&T Express Kota Padang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa logistik dan jasa pengiriman barang yang telah bekerja sama dengan produk E-comerce yaitu shopee, Lazada dan Tokopedia melalui via darat dan via udara. Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk melakukan analisa pengendalian kualitas barang return pada PT. J&T Express Padang untuk mencegah atau mengurangi jumlah barang return. Dalam proses pembuatan laporan ini menggunakan Diagram pareto dan Fhisbone. Tujuan dari laporan ini melihat tingkat presentase masalah tertinggi pada setiap barang return yang terjadi pada konsumen. Dari hasil Analisa yang dilakukan terdapat kesimpulan bahwa beberapa jenis terjadinya barang return diantaranya : barang rusak, alamat tidak sesuai, jumlah barang tidak sesuai dan double resi, dan terdapat beberapa faktor yaitu manusia, metode, lingkungan dan material

Kata kunci : Return barang, Diagram pareto, Fhisbone

Item Type: Other
Subjects: Industri Agro > Management Logistic Industri Agro
Divisions: Manajemen Logistik Industri Agro
Depositing User: MLIA
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:01
Last Modified: 16 Sep 2025 04:01
URI: https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item
View Item