Analisis keterlambatan pengiriman barang pada PT pos indonesia padang menggunakan metode diagram pareto dan fishbone

Annisa, Indah Tri Insanni and Isra, Mouludi (2022) Analisis keterlambatan pengiriman barang pada PT pos indonesia padang menggunakan metode diagram pareto dan fishbone. Politeknik ATI Padang.

[thumbnail of Cover Laporan KKP] Text (Cover Laporan KKP)
cover_1930114.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of Full text Laporan KKP] Text (Full text Laporan KKP)
full text_1930114.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Annisa Indah Tri Insanni. 1930114. Manajemen Logistik Industri Agro Analisis Keterlambatan Pengiriman Barang pada PT Pos Indonesia Padang dengan metode Diagram Pareto dan Fishbone, Dosen Pembimbing Isra Mouludi, M.Kom

PT Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa pengiriman berang yang memiliki kantor pusat di Bandung dan memiliki 11 kantor regional yang tersebar di wilayah Indonesia. Jasa pengiriman barang yang dimaksud adalah pengiriman surat dan paket yaang diterima oleh PT Pos Indonesia di loket penerimaan barang, barang yang diterima dikantor cabang dan dari mitra PT Pos Indonesia. Berdasar Kuliah Kerja Praktik dilakukan di PT. Pos Indonesia Padang selama 8 bulan topik yang dibahas pada tugas akhir laporan Kuliah Kerja Praktek ini adalah keterlambatan pengiriman barang. Pada PT Pos Indonesia Padang terdapat masih banyaknya kesalahaan yang terjadi di akibatkan oleh peyusunan barang di gudang yang tidak memperhatikan jenis dalam menumpuk barang, serta kurangnya tenaga kerja dan fasilitas dalam entry kiriman menyebabkan keterlambatan proses antar kiriman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesalahan atau cacat tersebut di sebabkan oleh proses pengiriman barang bukan pada barang yang dikirimkan tersebut. Bentuk kegagalan dalam pengiriman yang biasa terjadi berupa keterlambatan antaran kiriman. Oleh sebab itu PT Pos Indonesia Padang perlu mengidentifikasi penyebab keterlambatan pengiriman barang baik barang atau dokumen agar sesuai yang diharapkan sehingga keterlambatan pengiriman barang tersebut dapat diminimalisir atau diperbaiki sehingga membuat pelanggan merasa puas.

kata Kunci: Keterlambatan Pengiriman Barang, Diagram Pareto, Diagram Fishbone

Item Type: Other
Subjects: Industri Agro > Management Logistic Industri Agro
Divisions: Manajemen Logistik Industri Agro
Depositing User: MLIA
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:59
Last Modified: 16 Sep 2025 02:59
URI: https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item
View Item