Analisis Resiko Kecelakaan kerja Pada PT Pelabuhan Indonesia II Teluk Bayur dengan Metode HIRADC

Muhammad, Aqil Mubarak and Lisa, Nesti (2022) Analisis Resiko Kecelakaan kerja Pada PT Pelabuhan Indonesia II Teluk Bayur dengan Metode HIRADC. Politeknik ATI Padang.

[thumbnail of Cover Laporan KKP] Text (Cover Laporan KKP)
cover_1930023.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Full text Laporan KKP] Text (Full text Laporan KKP)
full text_1930023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Aqil Mubarak. 1930023. Manajemen Logistik Industri Agro, Analisis Resiko Terkait (K3) di Area Dermaga Peti kemas Dengan Metode HIRADC Pada Pt. Pelabuhan Indonesia II Teluk Bayur Mas Pembimbing Dr. Lisa Nesti, S.Si, M,Si. 2022

Perusahaan PT. Pelabuhan Indonesia II Teluk bayur Padang adalah badan usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa kepelabuhan, Dan juga sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan jasa untuk memuaskan pelanggan atau konsumen, PT. Pelindo II Cabang Teluk Bayur merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa gudang, bongkar muat, jasa transportasi darat, jasa transportasi udara, dan terutama menggunakan transportasi laut. Dan juga sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan jasa untuk memuaskan pelanggan atau konsumen sesuai visi dan misi perusahaan. Namun pada Area dermaga Peti kemas PT. Pelabuhan Indonesia II Teluk Bayur Padang bahaya atau hazard masih dianggap sepele dan ringan oleh para karyawan buruh sehingga bahaya dapat mengintai kapan saja seperti. Buruh di PT. Pelindo banyak yang tidak menggunakan APD lengkap, dan juga jarang melakukan pembersihan lingkungan kerja secara berkala dan melakukan perawatan mesin secara teratur pada mesin yang ada terlihat pada beberapa tempat terletak dan tidak terpakai sehingga berbahaya jika digunakan. Peti kemas adalah peti atau kotak yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Organization for Standardization sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda, mulai dari moda jalan dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal peti kemas laut .Bongkar muat peti kemas di pelabuhan PT Pelindo II cabang teluk bayur yang terletak di Dermaga 5 dan 6. Dalam data Kecelakaan Tahun 2016-2021 yang didapat pada PT. Pelabuhan Indonesia II ini dikatehui Kecelakaan yang terjadi yaitu Terkena Kontainer 10, Tertabrak truck dan Mesin Bongkar Muat 8, Terjepit tali mooring 6, terkena barang yang jatuh 5, Terjepit pipa berat 4 .Dengan mengetahui hal ini, maka penulis dapat melakukan identifikasi bahaya, menilainya kemungkinan dan mengatur resiko atau hazard umum dimaksud sistem Hazard Identification, Risk Assessment, Determining, and Control (HIRADC).

Kata Kunci: Peti kemas, Metode Hirardc, Kecelakaan kerja

Item Type: Other
Subjects: Industri Agro > Management Logistic Industri Agro
Divisions: Manajemen Logistik Industri Agro
Depositing User: MLIA
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:10
Last Modified: 16 Sep 2025 02:10
URI: https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item
View Item