Fajri, Ilham and Candrianto, Candrianto (2024) ANALISIS KERUSAKAN PALLET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DMAIC SIX SIGMA PADA PLANT 14 PT DINAMIKA LOGISTINDO INDONESIA. Politeknik ATI Padang.
![[thumbnail of cover]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ILHAM FAJRI_2130149.docx - Ardila Yusuf-1-12.pdf
Download (294kB)
![[thumbnail of ful kkp]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ILHAM FAJRI_2130149.docx - Ardila Yusuf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
PT Dinamika Logistindo Indonesia bergerak dibidang pada bidang jasa yaitu memiliki pengelolaan manajemen gudang yang tersebar diberbagai daerah Indonesia, pelayanan jasa logistik dan material handling. Didunia industri banyak menggunakan alas untuk penataan sementara maupun memudahkan pemindahan dari suatu tempat ke tempat lain yaitu menggunakan pallet. Adapun kategori kerusakan pallet seperti RFI (Ready For Issue) yaitu pallet yang aman digunakan dan TBR (To Be Repaire) pallet yang mengalami kerusakan ringan dan tidak dapat dipakai tetapi harus melakukan perbaikan. Pada penilitian ini dilakukan untuk menjaga kualitas pallet dan meminimlisir kerusakan pallet dengan menggunakan metode DMAIC six sigma. Pada tahap define melakukan identifikasi menggunakan diagram SIPOC, tahap measure melakukan CTQ menggunakan peta kendali p untuk melakukan pengendalian perbandingan kerusakan pallet dengan jumlah pallet di plant 14, tanggal 5 sampai 10 September dan tanggal 19 sampai 30 September 2023 harus ditingkatkan agar tidak adanya yang diluar batas kendali, dan pengukuruan DPMO yang dikonversikan kedalam tingkat pencapaian sigma mendapatkan hasil 35.200 DPMO jika di konversikan kedalam niai sigma mendapatkan hasil 3,34 atau berada pada tingkat 3 sigma dengan persentase pencapaian tanpa kerusakan sebesar 93,31%, tahap analyze untuk mengetahui kendala terbesar kerusakan pallet dengan menggunakan diagram pareto mendapatkan hasil sebesar papan 56%, strenger 23%, balok 10% dan paku 11%, menggunakan diagram fishbone untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kerusakan pallet dari manusia, metode, mesin, material dan lingkungan. Pada tahap improve menggunakan 5W+1H untuk memecahkan masalah dan tahap control yaitu usulan perbaikan yang akan dijalankan perusahaan kedepannya dengan memberikan pengawasan, penjadwalan maintenance, bimbingan terhadap pekerja dan pihak transporter.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Industri Agro > Management Logistic Industri Agro |
Divisions: | Manajemen Logistik Industri Agro |
Depositing User: | MLIA |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:30 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 07:30 |
URI: | https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1211 |