Pengendalian Kualitas proses pengiriman paket ke pelanggan menggunakan metode seven tools pada PT. Pos 25500 Pariaman

FERDIANSYAH, FERDIANSYAH and Musdirwan, Musdirwan (2022) Pengendalian Kualitas proses pengiriman paket ke pelanggan menggunakan metode seven tools pada PT. Pos 25500 Pariaman. Politeknik ATI Padang.

[thumbnail of Cover Laporan KKP] Text (Cover Laporan KKP)
Cover_1930044.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Full Text Laporan KKP] Text (Full Text Laporan KKP)
Full Text_1930044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

FERDIANSYAH, 1930044. Manajemen Logistik Industri Agro. Pengendalian Kualitas Proses Pengiriman Paket Ke Pelanggan Pada PT Pos 25500 Pariaman. Dosen Pembimbing Musdirwan, M.si. 2022.
PT. Pos Indonesia 25500 Pariaman merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Berlokasi jalan tugu perjuangan 45 No 2, kampung jawa 1, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Pengendalian kualitas merupakan suatu aktivitas untukmenjaga dan mengarahkan agar kualitas suatu produk dan jasa perusahaan dapat dipertahanakan sebagaimana yang telah direncanakan. Untuk menjaga suatu layanan pengiriman, maka diperlukan pengendalian kualitas. Dalam proses pengiriman paket PT POS 25500 Pariaman ke pelanggan masih dijumpai kiriman paket yang gagal diantarkan oleh kurir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kiriman gagal di antarkan ke pelanggan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Seven Tools. Metode Seven Tools merupakan metode yang terdiri dari check sheet, sratifikasi, diagram pareto, diagram sebab-akibat, dan histogram. Metode ini sangat cocok diterapkan diterapkan pada perusahaan ini karena dapat menjaga jumlah barang yang gagal antar tidak merugikan perusahaan dan tidak menjadi kendala dalam operasi antaran. Dan dari enam persoalan yang terjadi di perusahaan, penyebab yang sering terjadi disebabkan oleh kesalahan alamat tidak jelas yaitu sebanyak 442 barang pada buan januari sampai april. Yang berarti masih perlu dilakukan analisis sebab akibat dengan menggunakan fishbone dan usulan perbaikan yang diberikan adalah karyawan loket melakukan cross check kepada pengirim terkait dengan kejelasan alamat lengkap penerima serta membuat data base yang terintegarasi diseluruh indonesia.

Item Type: Other
Subjects: Industri Agro > Management Logistic Industri Agro
Divisions: Manajemen Logistik Industri Agro
Depositing User: MLIA
Date Deposited: 13 Sep 2025 07:00
Last Modified: 13 Sep 2025 07:00
URI: https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item
View Item