Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pengiriman Barang Pada PT Zataka Expressindo Utama Padang

SUCI, SEPTIA DWI ANGRAINI and Radna, Ningsih (2022) Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pengiriman Barang Pada PT Zataka Expressindo Utama Padang. Politeknik ATI Padang.

[thumbnail of Cover Laporan KKP] Text (Cover Laporan KKP)
Cover_1930036.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Full Text Laporan KKP] Text (Full Text Laporan KKP)
Full Text_1930036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

SUCI SEPTIA DWI ANGRAINI. 1930036. Manajemen Logistik Industri Agro. Analisis Pengendalian Kualitas Proses Pengiriman Barang Pada PT. Zataka Expressindo Utama Padang. Dosen Pembimbing: Hj Radna Ningsih, SE, MM. 2022 Pengendalian kualitas adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjamin agar kegiatan atau operasi yang dilakukan sesuai dengan apa yang direncanakan. Pada perusahaan jasa yang bergerak di bidang ekspedisi keberhasilan dalam pelayanan ditandai dengan ketepatan dalam waktu pengiriman, tepat dalam jumlah serta tepat orang. PT. Zataka Expressindo Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa ekspedisi dalam proses pengiriman barang terjadi beberapa kendala yang dapat mengakibatkan proses pengiriman barang terhambat dan terjadinya komplain dari pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan proses pengiriman yang terjadi, serta membarikan usulan perbaikan dalam meminimalisir tingkat kesalahan pelayanan yang terjadi di perusahaan sehingga pelanggan tetap setia menggunakan layanan pengiriman pada PT. Zataka Expressindo Utama. Metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah metode check sheet, pareto diagram dan fishbone diagram. Berdasarkan diagram pareto permasalahan proses pengiriman yang paling banyak adalah keterlambatan pengiriman barang. Faktor penyebab permasalahan proses pengiriman berupa keterlambatan pengiriman barang berdasarkan diagram fishbone adalah faktor manusia, metode, material, dan lingkungan. Upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan pengiriman barang dapat dilakukan perbaikan berupa peningkatan kerjasama antar elemen di perusahaan, perawatan armada yang dilakukan secara berkala guna menghindari kerusakan fatal, penerapan sistem kerja yang sesuai dengan SOP perusahaan serta penyedian tempat istirahat yang layak bagi karyawan yang kelelahan dalam bekerja.

Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Proses Pengiriman Barang, Keterlambatan dalam Pengiriman Barang

Item Type: Other
Subjects: Industri Agro > Management Logistic Industri Agro
Divisions: Manajemen Logistik Industri Agro
Depositing User: MLIA
Date Deposited: 13 Sep 2025 04:49
Last Modified: 13 Sep 2025 04:49
URI: https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item
View Item