Ella, Tia Putri Bakhrinas and Ridha, Luthvina (2022) Analisis Pengendalian Paket Return Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Pada Gateway J&T Express Padang. Politeknik ATI Padang.
![[thumbnail of Cover Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover_1930116.pdf
Download (230kB)
![[thumbnail of Full Text Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full text_1930116.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Ella Tia Putri Bakhrinas. 1930116. Manajemen Logistik Industri Agro. Analisis Pengendalian Paket Return Menggunakan Metode Six Sigma pada Gateway J&T Express Padang. Dosen Pembimbing Ridha Luthvina, MT. 2022.
PT. J&T Express merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa logistik yaitu berupa pengiriman. Demi kelancaran barang yang dikirim sampai pada pelosok-pelosok daerah PT. J&T Express telah banyak tersebar disetiap daerah di seluruh Indonesia salah satunya PT. Riokta Global Utama atau yang sering disebut J&T Express Padang. Dalam aktivitas pengiriman barang terjadinya beberapa masalah pada paket yang menyebabkan paket tersebut harus di return. Laporan ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa saja yang menyebabkan paket tersebut di return. Analisa data dilakukan menggunakan metode six sigma dengan tools yang di gunakan yaitu diagram pareto, peta kendali dan diagram fishbone. Hasil yang didapatkan penyebab paket di return paling banyak karena kerusakan pada isi paket yaitu sebanyak 178 paket dari 313 paket yang direturn pada bulan Januari 2022 sampai April 2022. Berdasarkan analyze menggunakan diagram fishbone terhadap penyebab tertinggi dilakukannya return paket karena kerusakan isi paket terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan isi paket yaitu: faktor manusia proses bongkar muat yang dilakukan tidak hati-hati, faktor material kualitas bahan packing yang digunakan dan proses packing yang dilakukan tidak memenuhi stanndar yang menyebabkan kemasan gampang rusak, faktor metode adanya pengirim yang tidak menjalankan SOP packing yang telah ditentukan oleh perusahaan dan faktor mesin kesalahan saat pengooperaian alat material handling yang menyebabkan alat mengenai paket dan membuat isi paket jadi rusak.. Perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi kerusakan pada isi paket yaitu: pihak gateway lebih menegaskan pada karyawan agar lebih menaati prosedur yang telah diterapkan pada penyortiran paket maupun bongkar muat paket. Memberikan arahan kepada para pengirim agar proses packing yang dilakukan maupun material packing yang digunakan agar memenuhi standar packing ini demi meminimalisir kerusakan pada kemasan paket yang dapat menyebabkan isi paket jadi rusak
Kata kunci : Return, Six Sigma, Diagram Pareto, Diagram Fishbone, Packing
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Industri Agro > Management Logistic Industri Agro |
Divisions: | Manajemen Logistik Industri Agro |
Depositing User: | MLIA |
Date Deposited: | 13 Sep 2025 04:50 |
Last Modified: | 13 Sep 2025 04:50 |
URI: | https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/771 |