HRP, M Riski and Mouludi, Isra (2025) Analisis Pengendalian Kualitas Kemasan Primer Oregano Untuk Mengurangi Jumlah Reject PT Ganesha Abaditama Menggunakan Metode SQC (Statistical Quality Control). Diploma thesis, Politeknik Ati Padang.
![[thumbnail of Cover Tugas Akhir]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER TA-2230035.pdf
Download (370kB)
![[thumbnail of Full Text Tugas Akhir]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fulltext TA-2230035.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text Laporan KKP]](https://repository.poltekatipdg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FullText KKP-2230035.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
PT Ganesha Abaditama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi bumbu rempah khas indonesia yang memiliki tingkat pemasaran pasar nasional maupun internasional. Dengan berbagai jenis rempah-rempah khas yang di produksi dan dijual ke seluruh konsumen yang telah bekerja sama maka dari itu perusahaan sangat mementingkan tingkat kualitas produk yang baik sesuai dengan standar yang telah ditentukan, dengan banyak nya proses produksi harian sering terjadi penemuan oleh Qc line Finishedgoods saat melakukan pemantauan proses packaging. Yang dimana proses pengemasan selalu melakukan cek kontrol produk cacat yang akan di reject untuk dilakukan pengemasan ulang. Oleh karna itu, untuk mengurangi jumlah reject produk dilakukan pengendalian kualitas menggunakan metode statistical quality control dengan empat alat pengendalian kualitas yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah kualitas yang sedang dihadapi agar masalah tersebut dapat dikendalikan diantara lain: pareto diagram, fishbone diagram, check sheet, dan control chart P. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan pada bagian reject yang ditemukan pada bulan februari 2025 cukup banyak yaitu jenis reject yang paling banyak reject botol rusak/penyok sebanyak 640 pcs. Reject plastik seal mengkerut sebanyak 481 pcs, label kotor 295 pcs, label miring melebihi 2 mm 264 pcs, tutup botol tidak rapat 101 pcs, tutup botol miring 83 pcs dan plastik seal menggelembung 52 pcs. Faktor-faktor penyebab dari terjadinya reject produk hasil proses yaitu, faktor mesin, manusia, dan lingkungan. Batas kendali Reject yang didapatkan peta kendali atas yaitu , 0,12 atau 12%, dapat disimpulkan untuk satu hari dengan proses produksi setiap hari nya 1500-3000 maka produk reject tidak boleh melebihi batas kendali dari 12%.
Kata Kunci: Pengendalian Kualitas, Metode SQC, Reject,Pareto Diagram, Fishbone Diagram, Check Sheet, Control Chart P
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Kualitas, Metode SQC, Reject,Pareto Diagram, Fishbone Diagram, Check Sheet, Control Chart P |
Subjects: | Industri Agro > Management Logistic Industri Agro |
Divisions: | Manajemen Logistik Industri Agro |
Depositing User: | M. RISKI HRP |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:59 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:59 |
URI: | https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/400 |