Optimalisasi Rute Distribusi Produk Ke Starbucks Menggunakan Metode Saving Matrix Pada PT HAVI Indonesia

Aleandro, Danil Hafid and Musdirwan, Musdirwan (2024) Optimalisasi Rute Distribusi Produk Ke Starbucks Menggunakan Metode Saving Matrix Pada PT HAVI Indonesia. Politeknik ATI Padang.

[thumbnail of cover] Text (cover)
Danil Hafid Aleandro-2130034 (1) - Syafika Syafika-1-14.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of full kkp] Text (full kkp)
Danil Hafid Aleandro-2130034 (1) - Syafika Syafika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

PT HAVI Indonesia adalah perusahaan supply chain management yang mengimplementasikan sistem Third Party Logistics (3PL) dan Fourth Party Logistics (4PL), yang menyediakan layanan perencanaan, pengadaan, implementasi, pengiriman, dan pengendalian seluruh proses logistik. Konsumen utama mereka adalah restoran cepat saji seperti McDonald’s, Richeese, Bakso Boedjangan, dan Starbucks. Restoran ini sangat bergantung pada layanan pengiriman karena produk mereka memiliki masa pakai yang singkat, sehingga distribusi yang efisien sangat penting. Sehingga proses delivery dan distribusi produk PT HAVI Indonesia ke Starbucks harus diefisiensikan serta menentukan rute terbaik dalam proses delivery tersebut. Penelitian ini menggunakan metode saving matrix untuk mengoptimalkan rute distribusi. Saving matrix adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi potensi penghematan biaya dan waktu dalam proses distribusi barang. Metode ini menggunakan penyusunan data matriks jarak, perhitungan matriks penghematan, alokasi toko ke kendaraan, dan pengurutan toko dalam rute yang sudah terdefinisi. Teknik pengurutan seperti nearest insert dan nearest neighbour digunakan untuk menentukan rute yang paling efisien. Implementasi metode saving matrix menunjukkan hasil yang signifikan dalam penghematan jarak, didapat penghematan jarak sebesar 37 km, 42 km, 20 km, 64 km dan 33 km. Hasil ini menunjukkan bahwa optimalisasi rute dengan metode saving matrix dapat meningkatkan efisiensi distribusi, mengurangi keterlambatan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Item Type: Other
Subjects: Industri Agro > Management Logistic Industri Agro
Divisions: Manajemen Logistik Industri Agro
Depositing User: MLIA
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:28
Last Modified: 15 Sep 2025 03:28
URI: https://repository.poltekatipdg.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item
View Item